Halo teman2 sekalian kembali lagi di blog mimin, kali ini mimin akan membagikan sebuah tips Penjelasan Lengkap Attacking dan Defensive Instruction di Game PES.


Tips ini mungkin cocok sekali untuk teman2 yang ingin mendalami teori dari setiap fitur yang disiapkan oleh konami di game PES ataupun E-football.

Oh iya teman2 untuk platform game yang mimin gunakan saat ini masih menggunakan game pes 2017, untuk model game pes diatasnya insyaallah masih sama semua hanya terdapat beberapa penambahan.


ATTACKING INSTRUCTION

Kalau diartikan dalam bahasa inggris artinya adalah Instruksi Menyerang, di fitur attacking instruction ini teman2 bisa mengatur bagaimana strategi atau taktik yang ingin digunakan ketika ingin melakukan serangan ke lawan.

Beberapa taktik menyerang lengkap yang disajikan di Attacking Instruction ini antara lain adalah Attacking Style, Build Up, Attacking Area, Positioning, dan Support Range. 



Setiap taktik tersebut terdapat juga opsi2 lain yang tentunya disesuaikan dengan gaya menyerang teman2. Penjelasanya adalah sebagai berikut:

1. Attacking Style (Gaya Menyerang)

Artinya adalah gaya menyerang yang ingin digunakan ketika nanti melakukan serangan. Dalam gameplan PES disajikan 2 jenis gaya menyerang, yaitu Possesion Game dan Counter Attack. Perbedaan dari keduanya sebagai berikut:

  • Possesion
Adalah gaya bermain penguasaan bola, dimana semua pemain akan mengusahakan untuk menjaga bola ketika menyerang agar jangan sampai direbut oleh lawan. 

Ketika salah satu pemain mendapatkan bola maka rekan timnya akan selalu mendekat untuk menjadi passing option untuk melakukan passing secara terus menerus.

Menurut Bolagawai, gaya menyerang ini akan lebih optimal bila mayoritas pemain dalam klub memiliki ability kontrol bola dan passing yang baik.

  • Counter Attack
Adalah gaya bermain serangan balik, dimana gaya bermain ini adalah kebalikan dari possesion game. Bila possesion game terlalu terobsesi dengan memperbanyak penguasaan bola, maka gaya menyerang ini tidak terlalu butuh penguasaan yang dominan. 

Ketika bola sudah didapat dari lawan ketika menyerang, maka bola tersebut akan dioptimalkan dan dioper ke depan untuk melakukan serangan balik.

Serangan balik ini sangat efektif untuk digunakan karena akan menjadi serangan kejutan bagi lawan sehingga mereka belum sempat untuk mengembalikan posisi pemain untuk bertahan. 

Menurut Bolagawai, gaya menyerang serangan balik ini sangat mengandalkan kecepatan terutama kecepatan dari pemain sayap yang berlari di pinggir lapangan.

2. Build Up

Artinya adalah metode yang ingin digunakan untuk membangun serangan. Pada fitur Build Up ini juga terdapat dua opsi yang bisa digunakan oleh pengguna, yaitu Short Pass untuk membangun serangan dengan umpan2 pendek2, dan Long Pass untuk membangun serangan dengan umpan2 panjang. Berikut mimin berikan kelebihan dan kekuranganya.

  • Short Pass
Kelebihan dari metode short pass ini adalah penguasaan bola akan terus terjaga dan minim intersep, karena dengan metode short pass ini para rekan tim akan mendekatkan dirinya untuk menerima bola untuk diumpan pendek.

Namun kelemahanya adalah ketika terlalu banyak melakukan passing dan pertahanan lawan sangat kokoh, kita tanpa sadar akan selalu menambah jumlah opsi passing sehingga pemain bertahan kita akan ikut maju menyerang. Jadi sekali bola diintersep lawan di posisi itu, lawan akan mudah melakukan serangan balik.

  • Long Pass
Kelebihan dari metode long pass adalah ketika menguasai bola, rekan tim akan memposisikan diri mereka lumayan jauh sehingga distribusi bola akan lebih luas. Keberhasilan menggunakan metode ini tentunya juga harus diimbangi dengan ability lofted pass dari pemain tengah yang bagus.

Namun kelemahanya adalah apabila tidak bisa memanfaatkan momen passing dengan baik maka bola akan mudah diintersep oleh lawan, sehingga perlu adanya insting yang tajam terutama saat melakukan serangan balik dan langsung umpan ke depan.

 3. Attacking Area

Artinya area yang ingin difokuskan untuk melakukan penyerangan. Pada fitur attacking area ini juga terdapat 2 pilihan, yaitu Centre dan Wide.

  • Centre
Untuk Centre berarti teman2 akan memfokuskan serangan dari tengah, sehingga nanti bola akan dominan di posisi tengah lapangan lawan. Apabila teman2 menggunakan opsi tengah maka secara otomatis pemain sayap teman2 juga akan mendekat ke sisi tengah untuk menjadi passing option.

  • Wide
Untuk Wide berarti teman2 akan memfokuskan serangan dari arah samping, sehingga nanti bola juga akan dominan di posisi samping (Flank) lapangan lawan. Ketika teman2 menggunakan opsi samping maka secara otomatis pemain tengah akan ikut mendekat ke area samping untuk menjadi opsi umpan.

4. Positioning 

Artinya adalah cara pemain akan berpindah-pindah posisi ketika menguasai bola. Pada fitur ini juga terdapat 2 piliihan, yaitu Flexible dan Maintain Position.

  • Flexible
Untuk Flexible maka pemain akan bebas menempatkan dirinya di posisi manapun, selagi masih sesuai dengan formasi. Jadi ketika satu pemain meninggalkan posisinya ketika membawa bola, maka rekan timnya akan menutup posisi berlubang yang ditinggalkan pemain tersebut. Jadi lebih fleksibel dan saling menutup.

  • Maintain Position
Untuk Maintain Position maka pemain akan tetap berada pada posisinya pas seperti formasi yang diterapkan. Kekurangan dari cara ini adalah ketika terdapat posisi kosong yang ditinggalkan maka tidak akan ada pemain yang menutupnya sehingga dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh lawan.

5. Support Range

Artinya adalah jarak pemain untuk memberikan dukungan menjadi opsi passing ketika menguasai bola. Jadi ketika salah satu pemain menguasai bola makan pemain lain akan mendekat dengan jarak tertentu yang ditentukan di support range ini.

Apabila teman2 ingin pemain lain mendekat dengan jarak yang dekat maka atur support range ke level yang rendah, dan sebaliknya bila teman2 ingin pemain lain mendekat dengan jarak yang lumayan maka cukup atur level support range sesuai kebutuhan teman2 saat bermain.

DEFENSIVE INSTRUCTION


Bila diartikan dari bahasa inggris artinya adalah instruksi bertahan. Artinya pada fitur ini pengguna dapat mengatur strategi atau taktik seperti apa untuk melakukan pertahanan ketika diserang lawan.

Pada Defensive Instruction juga terdapat beberapa fitur yang bisa disesuaikan dengan gaya bertahan masing-masing player, seperti Defensive Style, Containment Area, Pressuring, Defensive Line, Compactness.


Untuk penjelasan lengkap dari masing-masing fitur tersebut ada di bawah ini:

1. Defensive Style

Artinya adalah gaya bertahan seperti apa yang ingin digunakan oleh pengguna. Pada fitur defensive style ini terdapat 2 pilihan, yaitu Frontline Pressure dan All Out Defense.

  • Frontline Pressure
Artinya setiap pemain akan langsung melakukan pressing ketat ke pemain lawan ketika bola telah direbut. Pressing ketat tersebut sangat efektif bila kalian bermain dengan player yang suka menunggu untuk mengumpan, namun hati-hati ketika melakukan pressing karena rawan terkena dribble.

  • All Out Defense
Sedangkan All Out Defense adalah kebalikanya. Ketika bola sudah lepas ke pemain lawan maka semua pemain akan otomatis mundur ke belakang untuk menjaga lini belakang dan bersiap-siap. Tidak seperti frontline pressure yang langsung melakukan pressing ketat saat bola direbut saat itu juga. 

Gaya all out defense ini sangat efektif juga untuk pertahanan tapi bisa menguras stamina pemain karena mobilitas maju mundur yang sering dilakukan.

2. Containment Area

Artinya adalah daerah yang dominan akan dijadikan antisipasi terhadap serangan. Tentu saja settingan ini bisa disesuaikan untuk menghadapi taktik menyerang dari lawan. Disini terdapat 2 pilihan juga, yaitu Centre dan Wide.

  • Centre
Untuk centre maka pemain bertahan akan lebih dominan berfokus untuk melakukan pertahanan di area tengah. Apabila lawan kalian sering menyerang di area tengah, maka settingan ini sangat cocok untuk diterapkan.

  • Wide
Untuk wide maka pemain bertahan akan lebih dominan berfokus untuk melakukan pertahanan di area pinggir. Apabila lawan kalian sering menyerang di area pinggir, maka settingan ini sangat cocok untuk diterapkan.

3. Pressuring

Artinya adalah metode pressing yang ingin dilakukan saat ingin merebut bola dari lawan. Ada 2 pilihan juga di fitur ini, yaitu Agressive dan Conservative. 

  • Agressive
Untuk agressive maka pemain bertahan akan merebut bola dari lawan secara agresif. Sifat agresif ini akan ditunjukan dengan cara pemain berlari merebut bola dan menekan pemain lawan secara terus menerus.

  • Conservative
Untuk conservative ini berbeda, pemain bertahan akan lebih berhati-hati ketika ingin merebut bola. Biasanya pemain hanya akan membayang-bayangi pemain lawan untuk memotong arus pergerakan bola. Menurut mimin cara ini lebih efektif tapi disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman saja.

4. Defensive Line

Bila diartikan dari bahasa inggris artinya dalah garis pertahanan. Kalian bisa mengatur seberapa garis bertahan yang ingin digunakan di fitur ini dengan mengatur bar focus.

Semakin penuh kalian mengatur barnya, maka garis pertahanan akan semakin tinggi, cocok sekali jika kalian ingin memakai taktik menyerang.

Dan jika semakin sedikit kalian mengatur barnya, maka garis pertahanan akan semakin dalam cocok sekali jika kalian ingin memakai taktik bertahan.

5. Compactness

Artinya adalah tingkat kerapatan pemain di lini tengah ketika melakukan pertahanan. Kalian bisa mengatur seberapa tingkat kerapatan pemain bertahanan dengan mengatur bar focus sama seperti defensive line.

Semakin banyak barnya yang kalian atur, maka kerapatan lini belakang semakin renggang atau saling berjauhan. 

Begitu pun sebaliknya. Jika semakin sedikit barnya, maka kerapatan lini belakang akan semakin merapat.

ADVANCE INSTRUCTION

Bila diartikan dari bahasa inggris artinya adalah instruksi lanjutan. Di fitur ini kalian bisa menambah instruksi tambahan yang disajikan oleh game pes seperti taktik yang digunakan di dunia nyata. 

Advance Instruction ini terdapat 2 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu Attack/Offense dan Defense/Defence yang masing-masing juga terdapat 2 pilihan. Untuk masing-masing pilihan taktiknya akan mimin jelaskan mulai dari taktik Attack.


TAKTIK ADVANCE/OFFENSE 

1. False Full Back

Taktik ini berfungsi untuk mendorong pemain Full Backs baik itu pemain yang berposisi LB atau RB akan membuat pergerakan masuk ke lini tengah dalam membantu proses penyerangan yang dilakukan oleh pemain kalian.

Taktik ini akan aktif ketika kalian sedang menguasai bola dan sedang melakukan build up di lini tengah lawan. Maka secara otomatis pemain full back akan ikut masuk ke lini tengah untuk menerima umpan, sehingga menambah jumlah opsi umpan kalian.

Namun kelemahan dari taktik ini adalah akan ada ruang kosong yang ditinggal oleh RB ataupun LB. Tapi tenang, bila kalian menggunakan positioning flexible maka pemain bertahan CB akan menutup posisi kosong tersebut.

2. Centering Target

Taktik ini berfungsi untuk mendorong para pemain kalian masuk ke kotak pinalti ketika pemain kalian dalam fase menyerang.  Lalu, para pemain yang sudah maju ke kotak pinalti lawan ini akan mencari ruang di depan gawang agar mereka bisa menerima umpan-umpan silang yang akan diberikan oleh pemain sayap.

Taktik ini akan aktif ketika kalian menggiring bola di area samping, baik itu menggunakan winger ataupun full back. Ketika posisi pemain membawa bola di samping maka secara otomatis semua pemain di sisi lain akan merapat ke tengah untuk menerima umpan crossing dari sayap.

3. False 9

Taktik ini akan aktfi secara otomatis dari awal pertandingan. Fungsinya adalah untuk menarik turun pemain striker ke lini tengah, sehingga meninggalkan ruang kosong di depan. Tujuan dari striker yang ditarik turun adalah agar pemain CB lawan kebingungan antara harus tetap menunggu di posisi tapi striker mendapat ruang untuk melakukan dribble dan umpan, atau melakukan pressing tapi akan meninggalkan ruang kosong.

Keuntungan dari taktik ini adalah ketika pemain CB lawan terpancing untuk melakukan pressing ke striker dan meninggalkan ruang kosong, maka striker akan dengan mudah melakukan umpan lambung ke pemain sayap yang siap menusuk ke kotak pinalti.

Namun kelemahanya adalah sering kali striker yang turun ke lini tengah harus berhadapan dulu dengan pemain gelandang bertahan sebelum masuk ke menghadapi bek tengah.

4. Tiki-Taka

Taktik ini adalah taktik yang paling terkenal di kalangan penggemar bola, karena sudah banyak klub bola yang menerapkanya. Tujuan dari taktik ini adalah melakukan build up menggunakan beberapa pemain yang berdekatan dengan melakukan umpan pendek secara terus menerus sampai mendapat peluang emas.

Taktik ini akan secara otomatis aktif dari awal pertandingan, pertanda taktik ini aktif adalah ketika kalian menggiring bola maka akan selalu ada 1 atau 2 rekan yang mendekat yang siap melakukan tiki-taka.

Namun kelemahanya adalah ketika passing kurang akurat dan direbut oleh lawan, maka lawan akan dengan mudah melakukan serangan balik karena beberapa pemain terlalu fokus membangun build up tiki-taka, sehingga masih tertinggal di depan dan belum sempat mundur untuk bertahan.

5. Wing Rotation

Taktik ini akan aktif ketika pemain kalian sedang membawa di sisi samping baik itu kanan maupun kiri, maka pemain sayap akan menepi lebih ke pinggir diikuti oleh pemain bertahan lawan, sehingga meninggalkan ruang kosong untuk menjadi jalur masuk pemain gelandang serang. 

Dan ketika itu terjadi maka akan menjadi lebih mudah untuk melakukan passing untuk menusuk ke lini bertahan lawan. Pertukaran posisi inilah yang disebut dengan wing rotation, atau rotasi pemain yang berada di area samping lapangan/sayap.

6. Attacking Full Back

Taktik ini akan otomatis aktif dari menit pertama kalian menggunakanya. Tandanya adalah pemain Full Back akan selalu terlihat aktif maju ke depan untuk membantu serangan dari samping. Ketika Full Back maju melakukan over lap maka striker sayap akan otomatis masuk ke sekitar kotak pinalti mencari kesempatan menerima umpan.

Taktik ini efektif untuk kelaian yang ingin menambah passing option di area samping. Namun, kelemahan dari taktik ini adalah akan menguras stamina dari Full Back karena tingginya intentitas berlari naik turun lapangan.

7. Hug of Touchline

Taktik ini berfungsi agar pemain akan menyebar ke area sisi samping permainan, baik itu di sayap kanan maupun sayap kiri. Taktik ini cocok bagi kalian yang menerapkan permainan long ball, karena akan dengan mudah memindahkan fokus serangan dari sisi satu ke sisi yang lain.

Fokus dari taktik ini adalah menyerang dari area samping sehingga untuk setelan dari instruksi menyerang sangat cocok apabila menggunakan Attacking Area di Wide.

8. Defensive

Taktik ini biasanya ditujukan kepada salah satu pemain yang kita inginkan agar dia selalu berada di garis pertahanan. Ketika salah satu pemain sudah dipilih untuk melakukan defensive maka dia tidak akan berlari jauh-jauh ke depan, tapi selalu maksimal di belakang garis tengah lapangan dan setelah itu mundur lagi.

Posisi pemain yang biasa diberikan taktik defensive ini adalah Full Back baik LB ataupun RB.

9. False Winger

Taktik ini bertujuan untuk membuat striker sayap lebih dominan untuk masuk ke area tengah daripada di pinggir lapangan. Sehingga taktik ini sangat cocok bagi kalian yang dominan melakukan serang di area samping lapangan.

Ketika striker sayap masuk ke area tengah saat melakukan serangan, maka posisi yang dia tinggalkan akan otomatis diisi oleh pemain full back, sehingga full back akan otomatis melakukan over lap berlari ke depan untuk menutup kekosongan tersebut dan menjadi passing option di samping.

Kelebihan dari taktik ini adalah pemain yang ikut melakukan serangan di lini tengah akan menjadi padat, tetapi kelemahanya adalah rentan terkena serangan balik karena area pertahanan yang ditinggalkan oleh full back akan kosong.

10. Anchoring

Sesuai dengan artinya yaitu "jangkar", maka pemain yang ditetapkan untuk melakukan anchoring akan membuat pergerakan seperti jangkat. Pergerakan seperti jangan ini maksudnya adalah hanya akan berlari secara horizontal atau vertikal, seperti lari ke depan - belakang, atas - bawah.

Taktik ini sangat efektif bila dipasangkan ke pemain jangkung yang memiliki kemampuan header yang bagus. Pemain tersebut akan fokus berlari depan belakang hanya untuk menunggu umpan crossing dan melakukan sundulan.

TAKTIK DEFENSE/DEFENCE

1. Gegenpress

Taktik ini bertujuan untuk melakukan pressing secara ketat dengan bantuan 1 atau 2 pemain yang langsung mengepung lawan ketika mereka menguasai bola. 

Taktik ini menurut mimin kurang efektif karena akan pemain akan dengan mudah terpancing dan meninggalkan ruang kosong, dan ketika passing lawan bisa akurat akan menjadi bahaya bagi pertahanan. Tapi kembali lagi di penggunaan teman-teman.

2. Swarm the Box

Taktik ini bertujuan untuk membuat pemain fokus melakukan pertahanan, terutama ketika di posisi sedang dikepung oleh lawan di area kotak pinalti, maka beberapa pemain kita akan langsung berkumpul dan merapat di area kotak pinalti untuk mencegah umpan-umpan ataupun tendangan dari lawan.

3. Counter Target

Taktik ini bertujuan untuk melakukan serang balik cepat menggunakan satu pemain andalan yang dipilih untuk melakukan counter target. Menurut mimin pemain yang pantas untuk dipilih sebagai counter target harus pemain yang gesit dan memiliki kecepatan di atas rata-rata. 

Ketika posisi diserang, biasanya pemain yang dipiliih sebagai counter target akan tetap berada di depan bersama striker untuk bersiap menerima umpan lambung dan melakukan counter attack. Ketika bola sudah diumpan dan didapatkan maka dia akan berlari kencang untuk mencari ruang umpan ataupun mencetak goal.

4. Deep Defensive Line

Taktik ini berfungsi untuk mendorong pemain bertahan agar mundur ke dalam atau di belakang garis pertahanan tim ketika tim lawan sedang menyerang. 

Menurut mimin taktik ini sangat efektif untuk bertahan karena posisi pemain bertahan tidak akan terlalu jauh di depan melainkan menunggu lawan di garis paling belakang hingga akhirnya menunggu waktu yang pas untuk merebut bola atau melakukan intersep.

5. Tight Marking

Taktik ini berfungsi agar pemain yang kalian pilih untuk melakukan tight marking, menjaga ketat pemain lawan yang kalian pilih agar mereka sulit memasuki area kotak pinalti. 

Menurut mimin taktik juga sangat efektif ketika kalian menghadapi lawan dengan pemain andalan yang merepotkan. Cukup pasangkan saja taktik tight marking ini maka pemain tersebut tidak akan berkutik karena selalu dijaga pergerakanya.

6. Wing Back

Taktik ini berfungsi agar pemain yang berada di sisi sayap baik itu full back maupun winger akan membantu lini pertahanan ketika tim sedang diserang oleh tim lawan. 

Terdapat kekurangan jika menggunakan instruksi ini karena pemain winger maupun full back akan lebih cepat lelah karena akan terkuras staminanya akibat dari naik turunnya si pemain dalam membantu lini pertahanan.

Dan itulah penjelasan lengkap dari mimin terkait Attacking, Defensive, dan Advance Instruction di dalam game PES. Untuk postingan yang lainya teman-teman bisa melihat di label PES. Nantikan postingan mimin yang selanjutnya yah..
Artikel Terkait :
Baca Juga

Post a Comment