Jaman sekarang siapa yang tak kenal dengan komputer? ya, komputer merupakan alat modern yang digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia, mulai dari bekerja, membuat tugas, bermain game, berinteraks dengan kawan, dll. apabila kita tidak tahu menahu soal komputer kita bisa dibilang gaptek, gaptek itu apa sih? Saya juga kurang tahu apa itu gaptek.


Hal-hal yang tidakdiketahui oleh orang yang gaptek biasanya adalah cara mengoperasikan komputer mulai dari cara menghidupkan dan mematikan, lalu cara menggunakan dan menginstal software atau app, lalu kemudian masalah yang paling sering adalah bingung tentang mengetik, biasanya kalau mengetik mereka bingung harus pencet huruf yang mana karena semua hurufnya di sesuai alfabet yang dihafalkan namun berupa QWERTY.

Bagi orang –orang yang kurang paham dengan teknologi pastinya akan merasa bingung apa yang harus dilakukan karena tidak tahu apa-apa, untuk mengaatasinya kita harus mencoba untuk membiasakanya, seperti saya dulu yang gak tahu bagaimana cara mengoperaskan komputer namun setelah membiasakanya akhirnya semua jadi mudah dan enak.



Jadi tujuan utama saya membuat postingan ini adalah memberikan pelajaran yang praktis tetang bagaiman cara mengetik dengan 10 jari, jari nanti kita akan menggunakan 10 jari kita secara maksmal untuk mengetik, dan terlebih lagi kalau bisa tanpa melihat keyboard. Sebenarnya cara ini agak sulit kalau tidak dipraktekan denga rutin

Oke sekarang saya akan mulai memberikan tutorialnya...

Cara Mengetik Cepat Dengan 10 Jari

1. Gerakan 10 Jari anda

Gerakan 10 jari anda sebagai awal atau pemanasan untuk melenturkan jari anda.

2. Posiskan 10 jari anda di keyboard

Cara memposisikan 10 jari anda bukan sembarangan, disini ada peraturanya dimulai dari tangan kiri, jari kelingking kiri berposiskan di huruf A, jari manis berposiskan di huruf S, jari tengan kiri berposisikan di huruf D, jari telunjuk kiri berposisikan di huruf F, jempol berposisikan di spasi lalu tangan yang kanan, dimulai dari kelingking kanan berposisikan di tanda ;,  jari manis kanan berposisikan di huruf L, jari tengah kanan berposisikan di huruf K, jari telunjuk kanan berposisikan di huruf J, jempol berposiskan di spasi juga. Cara termudah untuk menghafalkanya adalah ASDFJKL;



3. Tekan dengan menggunakan prosedur

Prosedur menekan hurufnya juga bukan sembarang mencet, setelah memposiskan 10 jari kita tadi seperti diatas, kemudian kita mulai menggerakkan jari kita dengan prosedur :

Tangan kanan
1. Jari kelingking kanan : untuk pencet AQZ

2. Jari manis kanan         : untuk pencet SWX

3. Jari tengan kanan        : untuk pencet DEC

4. Jari telunjuk kanan      : untuk pencet FRVGTB

5. Jempol                         : untuk pencet spasi

Untuk yang jari kanan memang agak banyak tapi tetap bisa kok, karena jari kita yang paling mudah digerakkan nantinya.

2. Tangan kiri
1. Jempol                      : untuk pencet spasi

2. Jari telunjuk kiri       : untuk pencet HYNJUM

3. Jari tengah                : untuk pencet KI,

4. Jari manis kiri           : untuk pencet LO.

5. Jari kelingking kiri   : untuk pencet ;P/


Setelah tahu letak pencet setiap jarinya cobalah untuk menggunakan setiap jari anda untuk memencet berdasarkan prosedur diatas, memang agak sulit untuk yang pertama tapi setelah biasa akan enak.

3. Lakukan latihan mengetik

Lakukan latihan mengetik dengan rutin, misal kita bisa mengetik sembarang bisa mengetik lagu, puisi, atau apapun yang gampang berdasarkan prosedur yang saya sajikan di atas, semua huruf punya bagian jari sendiri jadi tidak boleh melanggar karena akan mengakibatkan kebingungan ketika mengetik, dan kalau bisa anda bisa mengetik dengan melihat ke monitor tanpa melihat ke keyboard, karena kalau kita terus terfokus ke keyboard apabila kita salah ketik kita tidak bisa melihatnya.

4. Lakuakan dengan rutin dan penuh keikhlasan

Kita harus ikhlas ketika sedang belajar, apabila kita belajar tanpa keikhlasa maka ilmu yang kita pelajari tidak akan masuk dengan sempurna dan tidak manfaat.

Nah itulah tips-tips yang bisa saya share untuk anda semua, beranilah untuk belajar dan berkembang. Apabila ada pertanyaan atau nasehat bisa anda tulis bagian komentar, komentar anda adalah perbaikan untuk kesalahan kami, terima kasih.


Artikel Terkait :
Baca Juga

Post a Comment