Game konsol adalah game yang sangat keren dan menarik untuk dimainkan. Game konsol  (console) merupakan sebuah perangkat khusus yang hanya digunakan untuk bermain game, misal: Playstation1 atau PS1, PS2, PS3, PS4, Xbox, dll. Banyak sekali tipe game yang ada pada perangkat konsol.


Kebanyakan game konsol juga bisa dimainkan melalui perangkat laptop atau pc. Namun sayangnya tidak semua game konsol dapat dimainkan dalam versi komputer, ada beberapa game yang memang didesain dan dikembangkan oleh developer gamenya hanya untuk perangkat console, tidak untuk komputer. Contohnya adalah God of War, Sengoku Basara, dll.

Solusi untuk bisa bermain game konsol yang tidak ada versi komputer di laptop/pc adalah dengan menggunakan emulator. Emulator sendiri merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjalankan program lain tapi lewat program yang berbeda. Berikut merupakan contoh-contoh emulator yang dapat digunakan di pc untuk bermain game konsol yang sudah masyhur digunakan di dunia game pc.

1. PPSSPP

ppsspp pc
ppsspp versi pc

ppsspp merupakan sebuah emulator yang dapat digunakan untuk bermain game PSP seperti namanya ppsspp yang berarti psp. Playstation Portable atau yang biasa disebut dengan psp merupakan sebuah perangkat konsol genggam yang digunakan untuk bermain game. Banyak sekali game psp yang beredar di internet dan kita bisa mendownload file tersebut yang berformat ISO.

game ppsspp pc
game naruto di ppsspp

Ppsspp memiliki 2 versi perangkat yaitu untuk perangkat android dan untuk peragnkat komputer, namun ppsspp lebih diminati dan banyak didownload oleh pengguna android ketimbang pengguna pc. untuk bisa menggunakan ppsspp bisa diunduh di website officiall PPSSPP

2. ePSXe

epsxe pc
epsxe versi pc

merupakan emulator ps1 yang bisa digunakan di perangkat andorid dan komputer. Untuk perangkat android bisa didownload secara gratis melalui playstore sedangkan untuk perangkat pc dapat didownload di website resminya ePSXe. Seperti emulator pada umumnya eEPSXe digunakan untuk memainkan game ps1 namun untuk penginstalanya diperlukan BIOS PS1 agar dapat berjalan dengan lancar. Untuk bios bisa didownload lewar internet dengan mengetikkan keyword download bios epsxe.

game ps1 epsxe
game ps1 di epsxe

3. PCSX2

pcsx2 pc
pcsx2

Merupakan emulator ps2 yang bisa digunakan untuk memainkan game ps2. Pcsx2 hanya ada pada perangkat komputer, untuk android biasanya menggunakan aplikasi lain seperti Damon, dll. Penggunaanya sama dengan epsxe yaitu pertama harus menginstal bios terlebih dahulu. Pcsx2 bisa digunakan secara lancar di perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi, untuk yang spesifikasi rendah sebaiknya jangan coba-coba karena akan berakibat lag.

game ps2 di pcsx2
game ps2 di pcsx2

4. RPCS3

rpcs3 neng pc
rpcs3 emulator game ps3

Merupakan emulator game ps3, untuk emulator ini saya kurang tau penjelasan dan cara kerjanya karena saya belum pernah mencobanya (laptop gue spek kentang wkwk). namun saya yakin untuk menjalankan emulator ini dierlukan spesifikasi komputer yang sangat tinggi agar tidak terjadi lag pada game. untuk teman-teman yang mempunyai komputer dengan spek tinggi silahkan dicoba dan rasakan sensasinya sendiri.

game rpcs3
game god of war 3 di rpcs3

Cukup sekian info yang bisa saya bagikan mengenai kumpulan emulator laptop/pc yang sering digunakan oleh para gamer. 

Artikel Terkait :
Baca Juga

Post a Comment